Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Semester II 2015

127

reg

Dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pemantauan dan pembahasan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan semester II tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 2 s.d 3 Desember 2015 dan bertempat di Ruang Auditorium Lt. 2, Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Syamsudin, dengan didampingi oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur II M. Ali Asyhar dan Kepala Subauditorat Jawa Timur III Walujo. Dalam sambutannya, Syamsudin menghimbau seluruh pemerintah daerah agar segera melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan untuk menyatakan status rekomendasi selesai ataupun rekomendasi tidak dapat ditindaklanjuti dengan alasan yang sah.

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur telah melakukan pemeringkatan terhadap seluruh pemerintah daerah di Jawa Timur dalam capaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan. Berdasarkan jumlah rekomendasi yang telah selesai ditindaklanjuti, Kabupaten Nganjuk menduduki peringkat pertama dengan jumlah penyelesaian tindak lanjut sebesar 358 dari total 380 rekomendasi (94% dari seluruh rekomendasi). Sedangkan berdasarkan nilai rekomendasi, peringkat pertama diraih oleh Kota Probolinggo dengan nilai penyelesaian tindak lanjut mencapai Rp 14,88 miliar dari total nilai rekomendasi sebesar Rp 15 miliar (99% dari seluruh rekomendasi).

sambutan

Inspektur Kabupaten Mojokerto, Nurhono, dalam sambutannya mewakili para undangan mengapresiasi kegiatan pemantauan dan pembahasan tindak lanjut yang diselenggarakan secara rutin oleh BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Penyelesaian tindak lanjut rekomendasi ini sangat penting dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang transparan dan akuntabel.

Kegiatan pada hari pertama diikuti oleh perwakilan dari 20 pemerintah daerah di Jawa Timur, sedangkan kegiatan pada hari kedua diikuti oleh perwakilan dari 19 pemerintah daerah yang lain. Seluruh entitas membahas tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan bersama dengan pembahas yang merupakan para pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan pemantauan dan pembahasan selama dua hari berlangsung dengan baik dan lancar hingga akhir acara.

pembahasan tlrhp 2