Sosialisasi ke-BPK-an kepada Mahasiswa Universitas Semarang

160

utama

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan Sosialisasi Ke-BPK-an pada Selasa, 17 November 2015. Sosialisasi kali ini diselenggarakan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan Universitas Semarang pada tahun 2015. Acara yang bertempat di Auditorium Lt. 2 – Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh sekitar 90 mahasiswa dan empat dosen pendamping dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang.

Acara dimulai dengan sambutan dari Plt. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Syamsudin, yang sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut. Acara dilanjutkan dengan sambutan dosen pendamping dari Universitas Semarang. Selanjutnya, dilaksanakan pertukaran cinderamata antara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dengan Universitas Semarang.

sambutan

cinderamata

Moderator pada sosialisasi ini adalah Ketua Tim Senior dari Subauditorat Jatim III, Supriyantoro. Adapun yang bertindak sebagai pemateri adalah Pengendali Teknis dari Subauditorat Jatim II, Yuliana Wahyu Eko Hardani. Pada sesi pemaparan materi, Hardani menjelaskan secara singkat antara lain mengenai organisasi BPK, tugas dan wewenang BPK serta jenis-jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK. Selanjutnya para mahasiswa dari Universitas Semarang diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri, di antaranya mengenai langkah-langkah audit yang diterapkan BPK dari tahapan pertama pemeriksaan sampai menghasilkan laporan hasil pemeriksaan (LHP). Setelah sesi tanya jawab, diadakan pembagian bingkisan kepada peserta yang aktif bertanya dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada kalangan akademisi mengenai peran BPK sebagai lembaga negara yang diamanatkan untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri, serta dapat menjalin sinergi yang lebih baik lagi dengan kalangan akademisi.

tanya